Powered By Blogger

RPP Berkarakter

Rabu, 28 Maret 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah    : SMP Negeri 9 Kendari
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    : VIII/2
Kemampuan/Aspek    : Membaca Satra
Alokasi Waktu    : 4 X 40 Menit (2 X pertemuan)
Tahun Pelajaran    : 2011/2012

A.    Standar Kompetensi
15.     Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi.
B.    Kompetensi Dasar
15.2    Mengenali ciri-ciri umum puisi dari antologi puisi.
C.    Indikator
1.    Kognitif
a.    Proses
1.    Mengetahui hal-hal yang bersifat khusus dari puisi yang terdapat dalam antologi puisi.
2.    Mengetahui ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi.
b.    Produk
Mendata hal-hal yang bersifat khusus dari puisi-puisi yang terdapat dalam antologi puisi.
2.    Psikomotor
Mengidentifikasi ciri-ciri umum puisi dari antologi puisi.
3.    Afektif
a.    Karakter
1.    Dapat dipercaya
2.    Tekun
3.    Rasa hormat
4.    Perhatian
5.    Tanggung jawab
b.    Keterampilan Sosial
1.    Berbahasa yang baik dan benar
2.    Komunikatif
3.    Inisiatif dalam (kerja sama) kelompok
4.    Berbahasa santun dan komunikatif
5.    Bartisipasi dalam (kerja sama) kelompok
D.    Tujuan Pembelajaran
1.    Kognitif
a.    Proses
Setelah bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi, siswa diharapkan dapat:
1.  Mengetahui hal-hal khusus dari buku antologi puisi.
2.  Mengetahui ciri-ciri umum dari buku antologi puisi.

b.    Produk
Setelah membahas dan mendiskusikan hasil pencapaian tujuan proses di  atas, siswa diharapkan dapat mendata hal-hal yang bersifat khusus dari puisi-puisi dalam antologi.
2.    Psikomotor
Setelah mempelajari dan berlatih menguasai hasil pencapaian tujuan produk di atas, siswa secara mandiri diharapkan dapat mengidentifikasi ciri-ciri umum puisi yang terdapat di dalam antologi puisi.
3.    Afektif
a.    Karakter
    Dengan arahan, bimbingan, dan motivasi yang diberikan oleh guru siswa diharapkan dapat terlibat secara aktif dan produktif baik dalam proses pembelajaran di kelas pada umumnya maupun dalam melaksanakan tugas kelompok dan tugas mandiri pada khususnya dengan memperlihatkan kemajuan berprilaku positif yang meliputi dapat dipercaya, tekun,rasa hormat,perhatian, dan bertanggung jawab.
b.    Keterampilan Sosial
    Dengan arahan, motivasi, dan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru di kelas siswa diharapkan dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran di kelas dengan menunjukkan kemajuan kecakapan sosial yang meliputi, inisiatif dalam (kerja sama) kelompok, berbahasa dengan baik dan benar dan komunikatif, dan partisipasi dalam (kerja sama) kelompok.

E.    Materi Pembelajaran
1.    Puisi
2.    Antologi puisi
3.    Hal-hal khusus dari puisi-puisi dalam antologi puisi
4.    Ciri-ciri umum puisi dari antologi puisi
F.    Model dan Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan: Pembelajaran Kontekstual 
2.    Model Pembelajaran: Kooperatif Tipe STAD
3.    Metode: tanya jawab, pemodelan, diskusi, penugasan, dan unjuk kerja
G.    Bahan Media
1.    Puisi
2.    Antologi puisi
3.    Buku penunjang yang sesuai
4.    LKS
H.    Alat
1.    Format Evaluasi:Proses dan Hasil
2.    Pedoman Penilaian dan Penskoran
I.    Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama
       Kegiatan Awal (10 menit)
1.    Peserta didik berdoa bersama dengan religius.
2.    Guru mengecek kebersihan kelas.
3.    Guru dan siswa bertanya jawab tentang keadaan siswa.
4.    Guru mengecek kehadiran siswa dengan disiplin dan rajin.
5.    Guru mengecek kesiapan siswa dan keadaan sarana belajar.
6.    Guru menanyakan pengalaman peserta didik yang terkait dengan materi yang akan diajarkan.
7.    Peserta didik bertanya jawab tentang antologi puisi, puisi, dan ciri-ciri umum puisi.
8.    Penggalian pengetahuan awal peserta didik tentang materi ciri-ciri umum puisi dari antologi puisi.
9.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dengan santun dan ingin tahu.
10.    Peserta didik menyimak penjelasan alur kegiatan pembelajaran dengan santun dan kreatif.
Kegiatan Inti (60 menit)
1.    Guru memperlihatkan salah satu buku antologi puisi pada peserta didik.
2.    Peseerta didik melakukan tanya jawab tetang antologi puisi.
3.    Guru menjelaskan pengertian puisi, jenis-jenis puisi.
4.    Guru juga menyebutkan beberapa sastrawan yang terkenal dengan karya puisi mereka dan menayakan puisi yang dihafal oleh peserta didik.
5.    Guru melakukan tanya jawab tentang ciri-ciri puisi secara umum dari segi irama, pilihan kata, tema, dan makna yang terkandung dalam puisi.
6.    Guru kemudian menayakan pemahaman siswa tentang materi yang telah dijelaskan.
7.    Guru kemudian memandu peserta didik membentuk beberapa kelompok dan membagikan LKS 1 dan tiga puisi dari setiap penyair dari satu buku antologi puisi untuk dianalisis dan diidentifikasi ciri-ciri umumnya dan hal-hal yang bersifat khusus dari puisi-puisi tersebut.
8.    Saat peserta didik bekerja sama mengerjakan LKS, guru mengawasi dan memandu serta memberikan pengarahan pada peserta didik yang mengalami kesulitan.
9.    Setelah selesai, setiap kelompok kemudian menampilkan hasil kerja mereka dan kelompok lain menanggapi dengan diawasi dan diarahkan oleh guru.
Kegiatan Akhir (10 menit)
1.    Peserta didik mengumpulkan lembar jawaban LKS 1 di depan kelas.
2.    Peserta didik dan guru kemudian sama-sama membahas jawaban LKS 1 dan sama-sama menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran dan merefleksi pencapaian kompetensi.
Guru kemudian menugaskan setiap siswa untuk mencari beberapa puisi dari sastrawan idola mereka yang terdapat dalam buku antologi puisi yang nantinya akan diidentifikasi ciri-ciri umum dan hal-hal khusus dari puisi-puisi tersebut.
Pertemuan Kedua
Kegiatan Awal (10 menit)
1.    Peserta didik berdoa bersama dengan religius.
2.    Guru mengecek kebersihan kelas.
3.    Guru dan siswa bertanya jawab tentang keadaan siswa.
4.    Guru mengecek kehadiran siswa dengan disiplin dan rajin.
5.    Guru mengecek kesiapan siswa dan keadaan sarana belajar.
6.    Guru menanyakan tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
7.    Guru kemudian mengecek siswa yang tidak mengerjakan tugasnya.
8.    Guru dan siswa kemudian bertanya jawab tentang kesulitan yang dialami siswa.
9.    Guru menyegarkan kembali pemahaman siswa tentang materi yang telah diberikan sebelumnya.
Kegiatan Inti (60 menit)
1.    Guru mejelaskan kegiatan lanjutan yang akan dilakukan siswa berhubungan dengan mengenali ciri-ciri umum puisi dari antologi puisi.
2.    Guru menanyakan pengetahuan siswa tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumya.
3.    Guru kemudian menyegarkan kembali pemahaman siswa dengan menjelaskan garis-garis besar dari materi ciri-ciri umum puisi.
4.    Guru kemudian membagikan LKS 2 kepada setiap siswa.
5.    Berdasarkan puisi yang  yang mereka miliki dan telah dibaca oleh siswa, setiap siswa ditugaskan mendata hal-hal yang bersifat khusus dari puisi dan mengidentifikasi ciri-ciri umum dari puisi yang mereka miliki.
6.    Setiap siswa mengerjakan tugas yang telah diberikan dan guru mengawasi setiap siswa dan memberikan pengarahan dan pemahaman pada siswa yang mengalami kesulitan.
Kegiatan Akhir (10 menit)
1.    Peserta didik mengumpulkan lembar jawaban LKS 2 di depan kelas.
2.    Peserta didik dan guru kemudian sama-sama membahas jawaban LKS 2 dan sama-sama menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran dan merefleksi pencapaian kompetensi.
3.    Guru menanyakan kesan dan pesan peserta didik tentang kegiatan pembelajaran pada pertemuan kali itu dan memberi pesan pada siswa untuk sering-sering membaca puisi.
J.    Sumber Pembelajaran
1.    Buku Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII
2.    Lembar Kerja Siswa (LKS)
3.    Buku Siswa
4.    Silabus
K.    Evaluasi dan Penilaian
1.    Evaluasi
a.    Evaluasi Proses: dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas, diskusi, kegiatan tanya jawab, dan dialog informal.
b.    Evaluasi Hasil: dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas dan pengerjaan tes, dan pengamatan unjuk keterampilan (performance).


2.    Penilaian
a.    Teknik
1.    Tes lisan
2.    Tes tertulis
3.    Pemberian tugas
b.    Instrumen
1.    Tuliskan pengertian puisi dengan menggunakan bahasamu sendiri!
2.    Setelah membaca beberapa puisi yang kalian peroleh dari antologi puisi, indentifikasilah minimal 3 ciri yang terdapat dalam puisi-puisi tersebut!
3.    Datalah hal-hal khusus minimal 3 hal khusus dari berbagai segi baik gaya bahasa, pilihan kata, maupun bentuk puisi!
4.    Simpulkanlah ciri-ciri umum puisi dari beberapa puisi yang kalian peroleh dari antologi puisi.


Kendari,        Maret 2012

Diketahui :
Guru Pamong



Asmaya, S.Pd.
NIP 19740724 199802 2 003   

Mahasiswa KKP



Nurma Yunita
NIM A1D108026



Mengetahui:
Kepala SMP Negeri 9 Kendari



Nurdin Tinggila, SH., S.Pd., M.Pd.
NIP 19581218 197803 1 004







0 komentar:

Posting Komentar


wYmiNoZ saRaNghaE^^ Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino