Powered By Blogger

Cerita Legenda dari Buton

Sabtu, 10 Desember 2011



“Asal Mula Orang yang Tinggal di Kampung Lakudo”


    Pada zaman dahulu, orang pertama yang tinggal di kampung Lakudo bernama Makadihi. Beberapa lama kemudian setelah ia tinggal di kampung Lakudo, datanglah seorang pendatang. Pendatang itu berasal dari tanah Wolio yang bernama Lao Ode Gumpa. La Ode Gumpa tersebut langsung datang ke rumah Makadihi meminta air untuk membersihkan kudanya, pada waktu itu Makadihi memberikan air yang ditaruhnya dalam tempurung. Makadihi tidak memiliki piring seperti sekarang ini., itulah sebabnya air itu ditaruh dalam tempurung. Setelah itu, La Ode Gumpa melanjutkan perjalanannya menuju kampung Umbunowulu. Di tengah perjalanan, bertemulah dia dengan pencari buah penyembuh bisul yang disebut bangkudu. Ketika berhadapan dengan orang pencari buah itu, La Ode Gumpa menanyakan di mana rumah  pencari bangkudu itu dan ia pun memberitahu letak rumahnya. “Kalau begitu, saya akan ikut”, Jawab La Ode Gumpa. Dengan terpaksa pencari bangkudu mengantarkan ke rumahnya. Ketika tiba di rumah, La Ode Gumpa memaksa pencari bangkudu tadi meninggalkannya dan karena tidak berdaya untuk melawan pencari bangkudu ini terpaksa meninggalkan istrinya. Demikian seterusnya La Ode Gumpa tinggal bersama perempuan itu.

    Suatu saat, ia mendengar bunyi gendang yang ditabuh di kampung Lasohi. La Ode Gumpa minta izin lagi pada perempuan yang dianggap istrinya itu untuk menuju ke kampung Lasohi tempat gendang itu berbunyi. Ia diizinkan, “Pergilah”, kata perempuan itu. La Ode Gumpa kemudian pergi. Di tengah perjalanan, La Ode Gumpa bertemu lagi dengan penangkap ikan. Melalui penangkap ikan  ia menitip pesan kepada istrinya, bila anak yanh dikandungnya lahir dan ternyata perempuan, namakanlah Wa Ode Totokeo. Akan tetapi, apabila lahir laki-laki harus dinamakan La Ode Totokeo. Selanjutnya, La Ode Gumpa meneruskan perjalanannya menuju kampung Lasohi, di tempat gendang itu berbunyi. Ternyata keramaian itu diadakan oleh kepala suku dalam acara pemingitan anak gadisnya. Anak kepala suku (Kolakino Lasohi) segera keluar menghadap pemuka adat (Saha). Ketika perempuan, anak kepala suku Lasohi keluar, langsung ditangkap oleh La Ode Gumpa dan dibawa ke kampung Lakudo.
    Ketika sampai di kampung Lakudo, perempuan ini tinggallah bersama-sama Makadihi. Lama-kelamaan lahirlah berturut-turut anak lelaki yang diberinya nama La Ode Rederede dan adiknya diberinya nama La Ode Ngkawera. Begitulah asal mula orang-orang yang tinggal di kampung Lakudo yang berkembang terus-menerus sampai sekarang.

Bahasa Daerah
“Cula-culano Kababano Mie Melatefino Lakudo”


    Babano damani ngkodau, melatefino liwuno Lakudo sala semie neano Makadihi. Seae-seae kamponanoa neate we liwu Lakudo tambamo nohato dua mie sigaonoa. Mie amaicuu nomaiao te witeno Wolio, neanoa La Ode Gumpa. La Ode Gumpa aini nohato telambuno Makadihia, nolaosao nesalo oe so nakumabusa. Pada aicu Makadihi nowaanemo oe ne kabulu. Pada nowaane oe maicu, maka La Ode Gumpa ini nofealaimo nakumala te liwuno Umbinowulu. We wunta kangkaa, La Ode Gumpa inia nopoawa be mie me ondofino  bangkudu mbaka nofenamo neamai lambunoa. Ambano mebangkuduno inia ne maicu. “Bahangka nengkenaa amangkafikomo beinodi”, amba La Ode Gumpa. Maka La Ode Gumpa noangkafimo Makadihi we lambuno. Nohato we lambuno mebangkuduno inia, nokowambamo La Ode Gumpa ane hobineno Makadihi inia hobinenomo. Minam na mogaua mebangkuduno inia, minamo bekapolinoa namewa. Moisa mebangkuduno ini nohunsaemo hobinenoa. Pada aitu La Ode Gumpa neatemo be hobine ini.
    Maka seonu wakutu seae-seae no nocifocingkemo ganda dohambie we Lasohi. La Ode Gumpa nofealaimo  nehobineno saa nakumala we liwuno Lasohi kanandono ganda naa. Noundanemo, ambano hobinenoa kumalamoa soae paa. Nokalamo La Ode Gumpa moisano. Nohato ne wuntano kanggkaa, La Ode Gumpa inia no poawa be mie mepukano. Mbaka La Ode Gumpa ini ne wilimo we mebukano ambanoafohatoe hobineku we lambua ane nalumente anai naeawa  hobine namokonae Wa Ode Totokeo tamaka ane lumentenoa moane namokonae  La Ode Totokeo. Pada aicu  La Ode Gumpa nokalamo we Lasohi, we kafocingkeno ganda. Gaha kahame ini dohame-hame ao anano kolakino Lasohi, doomboe. Anano kolakino Lasohi ini maka dofolimbaemo we wiseno Saha. Hato dofolimbae anano kolakino Lasohi inia, nopundamo La  Ode Gumpa mbaka no woe we liwuno Lakudo.
    Nohato te liwuno Lakudo, La Ode Gumpa nolaosao we lambuno Kamadihi. Mbaka nohunsae hobine inia nelate be Makadihi. Seae-sea dokoanamo moaene sampe dokonaene La Ode Rederede. Hato nolente dua anai gaha lumentenoa moane dua mbaka dofokonaane La Ode Ngkawure. Nengkeicumo cula-culano mie babaono melatefino Lakudo sampe nodulu-dulu kabahindoa.


0 komentar:

Posting Komentar


wYmiNoZ saRaNghaE^^ Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino