Powered By Blogger

RPP berkarakter

Rabu, 30 November 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MATA PELAJARAN                   :    BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER                    :    XI/3
ALOKASI WAKTU                      :    3 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENSI  : BERKOMUNUKASI DENGAN BAHASA INDONESIA SETARA TINGKAT MADIA

Kompetensi Dasar    : 2.4 Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan,  dan kalimat dalam konteks bekerja
Indikator
  1. Kognitif
    Proses
  • Mengelompokan kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat berdasarkan kelas kata dan makna kata.
  • Mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim dan antonim dalam teks bacaan.
  • Mengidentifikasi kata pergeseran makna kata (meluas, menyempit, ameliorasi, peyorasi, sinestesia, dan asosiasi).
    Produk   
  • Memahami makna kata denotative dan konotatif.
  • Memahami kata yang mengalami peergeseran makna kata (meluas, menyempit, ameliorasi, peyorasi, sinestesia, dan asosiasi).
2.   Psikomotor
  • Mendiskusikan kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim dan antonim dalam teks bacaan.
  • Mengoreksi hasil kerja dalam pengidentifikasian dan pendaftaran kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim dan antonym serta kata yang mengalami pergeseran makna kata (meluas, menyempit, ameliorasi, peyorasi, sinestesia, dan asosiasi).
3.  Afektif

    Karakter
  • tanggung jawab
  • religious
  • tekun
  • kreatif
  • kritis
  • disiplin
  • Bersahabat/ komunikatif
    Keterampilan Sosial
  • inisiatif dalam (kerja sama) kelompok,
  • berbahasa santun dan komunikatif,
  • partisipasi dalam (kerja sama) kelompok.
    Tujuan Pembelajaran

  1. Kognitif
      Proses  
    Setelah menyimak sebuah teks yang berisi suatu informasi tertentu yang telah disediakan, diharapkan siswa dapat:
  • Menemukan data yang berpontesi di dalamnya terdapat kata yang bersinonim dan berantonim serta kata-kata yang mengalami pergeseran makna kata (meluas, menyempit, ameliorasi, peyorasi, sinestesia, dan asosiasi).
  • Mendiskusikan kata-kata yang telah diidentifikasi dan didaftar dalam kategori kata yang bersinonim dan berantonim serta kata-kata yang mengalami pergeseran makna kata (meluas, menyempit, ameliorasi, peyorasi, sinestesia, dan asosiasi).
    Produk
    Setelah membahas dan mendiskusikan hasil pencapaian tujuan proses di  atas, siswa secara berkelompok diharapkan dapat:
  • Membuat kolom/ table untuk mengisi kata-kata yang sudah diidentifikasi dan masuk dalam kategori kata-kata yang bersinonim dan berantonim serta kata-kata yang mengalami pergeseran makna kata (meluas, menyempit, ameliorasi, peyorasi, sinestesia, dan asosiasi).
  • Membedakan kata-kata yang masuk dalam kategori kata yang bersinonim dan berantonim dan kata-kata yang masuk dalam kategori kata yang mengalami pergeseran makna kata (meluas, menyempit, ameliorasi, peyorasi, sinestesia, dan asosiasi).
  2. Psikomotor
      Setelah mempelajari dan berlatih menguasai hasil pencapaian tujuan produk di atas, siswa secara mandiri diharapkan dapat:
  • Mendiskusikan kolom/ table yang berisi kata-kata yang sudah diidentifikasi dan masuk dalam kategori kata-kata yang bersinonim dan berantonim serta kata-kata yang mengalami pergeseran makna kata (meluas, menyempit, ameliorasi, peyorasi, sinestesia, dan asosiasi).
  • Mengoreksi hasil kerja dari  yang telah dibuat.
3. Afektif
    Karakter
  • Dengan arahan, bimbingan, dan motivasi yang diberikan oleh guru siswa diharapkan dapat terlibat secara aktif dan produktif baik dalam proses pembelajaran di kelas pada umumnya maupun dalam melaksanakan tugas kelompok dan tugas mandiri pada khususnya dengan memperlihatkan kemajuan berprilaku positif yang meliputi tanggung jawab, tekun, kreatif,  kritis,bersahabat dan komunikatif, serta disiplin.
    Kecakapan Sosial
  • Dengan arahan, motivasi, dan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru di kelas siswa diharapkan dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran di kelas dengan menunjukkan kemajuan kecakapan sosial yang meliputi inisiatif dalam (kerja sama) kelompok, berbahasa santun dan komunikatif, dan partisipasi dalam (kerja sama) kelompok.
    Materi Pembelajaran
  • Informasi tentang hubungan antara makna kata, bentuk kata, dan pemakaian kata dalam konteks bekerja.
  • Pengertian makna kata denotatif dan konotatif beserta dengan contoh kalimatnya.
  • Relasi makna (sinonim dan antonim).
  • Proses pembentukan kata baru atau pergeseran makna kata (meluas, menyempit, ameliorasi, peyorasi, sinestesia, dan asosiasi).
    Model dan Metode Pembelajaran
  • Pendekatan: Pembelajaran Kontekstual 
  • Model Pembelajaran: Jigsaw
  • Metode: tanya jawab, diskusi, penugasan, dan unjuk kerja
    Langkah-langkah pembelajaran
  • Prabembelajaran: Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, memeriksa kebersihan kelas, dan mengecek kehadiran siswa sekaligus memberi motifasi kepada siswa. (religious, cinta kebersihan, tanggung jawab, dan jujur)
    Kegiatan Awal
  • Tahap 1: Guru mula-mula memberikan pemancingan dengan menanyakan kegiatan belajar siswa, kemudian menanyakan pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas. (rasa ingin tahu, kreatif)
  • Tahap 2: Guru melakukan pengarahan dengan mula-mula bertanya jawab dan berbasa-basi tentang materi yang akan diajarkan, dan diakhiri dengan penegasan guru tentang tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam proses pembelajaran dalam pertemuan tersebut. (rasa ingin tahu, tanggung jawab)
    Kegiatan Inti
  • Tahap 1: Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan jumlah siswa dalam satu kelompok adalah 4 orang siswa. Masing-masing siswa dalam kelompok mendapat nomor dan materi yang berbeda, mulai dari nomor 1 hingga nomor 4. Nomor 1-4 didapatkan siswa dari perhitungan secara berurut dengan selalu mengulang ke nomor 1 setelah nomor 4 tercapai. (rasa ingin tahu, jujur, disiplin, kerja keras, bersahabat/ komunikatif, dan bertanggung jawab.
  • Tahap 2: Semua siswa tersebut dibentuk menjadi tim ahli dalam setiap kelompoknya. Setiap yang mendapat nomor yang sama berkumpul pada tempat yang sama dan mendiskusikan materi didapatnya hingga menjadi seorang yang sangat ahli pada materi tersebut. (bersahabat, tanggung jawab, dan jujur)
  • Tahap 3: Setelah menjadi sang ahli pada setiap materi yang diberikan semua siswa diarahkan untuk kembali berkumpul pada kelompok awal dan member pemahaman dengan sedetail-detailnya sehubungan dengan materi yang didapatnya. Setiap teman harus mampu membuat temannya benar-benar mengerti dan tidak bingung dengan penjelasannya. (tanggung jawab, disiplin, jujur, rasa ingin tahu)
  • Tahap 4: 
  1. Siswa membaca teks yang bertemakan lingkungan sekolah.
  2. Siswa mengelompokan kata, ungkapan, dan kalimat berdasarkan kelas kata dan makna kata denotatif dan konotatif.
  3. Siswa menjelaskan makna ungkapan, kelas kata, bentuk kata, dan makna kata, denotatif/konotatif yang terdapat dalam teks.
  4. Siswa mengidentifikasi kata baru atau pergeseran makna kata (meluas, menyempit, ameliorasi, peyorasi, sinestesia, dan asosiasi), (e) Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan kapada guru untuk dikoreksi kesalahannya. (tanggung jawab, disiplin, jujur, bersahabat dan komunikatif, sertarasa ingin tahu, )
Catatan: materi yang didiskusikan adalah materi yang telah dicantumkan pada materi pembelajaran di atas.

    Kegiatan Akhir
  • Siswa bersama guru merumuskan kesimpulan umum atas semua butir pembelajaran yang telah dilakukan; (kreatif)
  • Siswa diminta menyampaikan kesan dan saran (jika ada) terhadap proses pembelajaran yang baru saja dilakukan; (kreatif, bersahabat, jujur)
    Alat/bahan/sumber belajar
  • Buku bahasa indonesia setara tingkat madia kelas XI
  • Buku referensi yang menunjang 
  • Contoh wacana/ teks yang berisi tentang kumpulan kata atau kalimat yang mengandung kata yang bersinonim dan antonym serta kata-kata yang mengalami pergeseran makna (penyempitan, perluasan, ameliorasi, sinestesia, peyorasi, dan asosiasi).
    Penilaian
  • Jenis tes    : lisan, tulisan, perbuatan.
  • Bentuk tes    : uraian  
  • Instrumen/soal
  1. Carilah ungkapan dan makna konotatif/denotatifyang terdapat dalam teks bacaan dan jelaskan maknanya?
  2. Tulislah kenis-jenis kelas kata, kata yang bersinonimdan kata yang berantonim yang terdapat dalam teks!
  3. Tentukan perubahan makna kata yang terjadi (amelioratif, peyoratif, dan sinestesia
  • Pidato yang terasa hambar.
  •   Kata-katanya memang sangat pedas.
  • Yanto memang kurang mampu berpikir .
  • Pemuda itu sungguh bertanggung jawab.
  • Pencuri itu terbirit-birit dikejar masa.
Keterangan perolehan skor pada setiap soal
  1. Untuk skor maksimal
  • Nomor satu dengan total  3
  • Nomor dua dengan total  3
  • Nomor tiga dengan total  3
    Sehingga, jumlah skor maksimal = 9 (jumlah keseluruhan total skor)


0 komentar:

Posting Komentar


wYmiNoZ saRaNghaE^^ Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino